Skip to main content

Konfigurasi Xampp dan Web Server(Wordpress) di Windows Server 2003


saya akan memposting tentang Web Server,saya menggunakan wordpress dalam penggunaan web server kali ini.
Web server merupakan software yg memberikan layanan data yg berfungsi menerima permintaan HTTP/HTTPS dari client yg dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yg berbentuk HTML.

Cara kerja Web Server
1.Web server merupakan software yg memberikan layanan data yg berfungsi menerima permintaan HTTP/HTTPS dari client yg dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yg berbentuk HTML.

2.Hubungan antara web server dan browser internet merupakan gabungan atau jaringan komputer yg ada di seluruh dunia.Setelah terhubung secara fisik,protocol TCP/IP (networking protocol) yg memungkinkan semua komputer dapat berkomunikasi satu dngan yg lainya.
pada saat browser meminta data age ke server maka intruksi permintaan data oleh borwser tersebut dikemas didalam TCP ug merupakan protocol transport dan dikirim ke alamat yg dalam hal ini merupakan protocol berikutnya yaitu Hyper Text Transfer Protocol(HTTP)
HTTP ini merupakan protocol yg digunakan fdalam World Wide Web(WWW)antar komputer yg terhubung dalam jaringan didunia. Untuk mengenal protocol ini jelas sangat mudah,dimana setiap kali anda mengetik http:// anda telah menggunakannya,dan membawa anda kedunia internet
data yg di passing dari web browser ke web server disebut sebagai HTTP request yg meminta web page dan kemudian akan mencari data HTML yg ada dan dikemas TCP protocol dan dikirim kembali ke browser,data yg dikirim dari server ke browser disebut sebagai HTTP response.
jika data yg diminta tidak ditemukan oleh si web server maka akan menimbulkan error yg sering anda lihat di web page yaitu Error : 404 Page Not Found.

langsung saja konfigurasinya
1.siapkan file xampp dan wordpress,buka file xampp,pilih instal


2.ikuti perintah(yg ada digambar)
3.pilih y (enter)

4.(enter) lagi

5.(enter) lagi

6.(enter) lagi
7.pilih no.1 (enter) untuk menjalankan xampp

8.klik start pada (Apache) dan (MySql)

9.copy file wordpress ke file htdocs

10.buka file wordpress 3-0 dan copy file ke htdocs

11.buka browser dan ketik localhost/phpmyadmin(seperti yg saya tandai) dan buat database kalian(namanya apa aja terserah kalian)

12.ketik link localhost/wordpress dan klik (Create a Configuration File)

13.lalu kalian akan masuk ke wellcome wordpress,lalu klik (let's go!)

14.isi form Database Name sesuai database yg kita buat tadi,isi form User Name root dan passwordnya kosong aja,lalu submit. (ingat yg diubah hanya database name,username,password kosong,yg lain gausah diubah)

15.klik Run the Instal

16.kita sudah masuk ke pembuatan dashboard web server,isi form sesuai dengan unek" kalian(hehe) maksudnya keinginan kalian,untuk password sebaiknya diisi(ingat harus diingat password dan usernamenya) lalu kita scrol kebawah(kalo ditampilan pc saya) lalu klik instal wordpress

17.Success,klik login

18.isi username dan password yg kalian buat tadi

19.nanti akan muncul tampilan dashboard,klik pada judul web server yg kalian buat/visit site(kalo saya APA AJA)

20.taadaa!!...inilah tampilan web server yg telah kalian buat tadi.

sekian dari saya,maaf apabila ada tulisan yg bertele" dan gambar yg agak buram.
semoga banyak manfaatnya.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengkonfigurasi Hostname dan Network Interface di Debian7 Server

oke kali ini saya akan melanjutkan mengkonfigurasi debian7 server,setelah install gimana ya??? jangan pada binggung diblog saya ini akan menjelaskan apa yang dilakukan setelah install debian7 server. ini masih kelanjutan yg kemarin install debian7   Install Debian Server 7 Hostname adalah nama komputer,pemberian nama ini spesifik,untuk satu komputer tertentu saja dalam satu jaringan karena sifatnya yang unik,maka dalam satu jaringan tidak boleh ada 2 atau lebih hostname yang sama, jika terjadi penamaan yang sama,maka sistem akan memberitahukan bahwa telah terjadi duplikat nama,selebihnya klik Disini oke jangan banyak ngomong panjang x lebar x  tinggi kita langsung praktek aja..cekidot. 1.Setelah kita masuk ke tab login & pass seperti dibawah ini : 2.kita cek dulu hostnamenya sudah sama atau belom caranya  < ''# Hostname && Hostname -f  > itu kita masukkan tanpa tanda caplok/apalah itu namanya seperti dibawah ini lalu enter. 3.nah tampi

Beberapa Jenis Sertifikat Mikrotik dan Penjelasannya

selamat malam minggu gaes...dari pada saya keluar malam mingguan mending saya cari" artikel buat belajar,dan mengelola blog abal-abal saya ini... nah pasti belum banyak yg tau tentang sertifikasi dari Mikrotik kan? nah pas sekali kalian mengunjungi blog abal abal saya ini,karena disini saya akan menjelaskan dan menyebutkan sertifikasi dari Mikrotik. Beberapa Tingkatan Sertifikat Mikrotik -MTCNA : Mikrotik Certified Network Associate (Basic Essentials) -MTCWE : Mikrotik Certified Wireless Engineer (Wireless) -MTCRE : Mikrotik Certified Routing Engineer (Routing) -MTCTCE : Mikrotik Certified Traffic Control Engineer (Traffic Control) -MTCUME : Mikrotik Certified User Management Engineer (User Manager) -MTCINE : Mikrotik Certified Inter-networking Engineer (Inter Networking)                                                                Urutan Sertifikasi Mikrotik 1.MTCNA -Mikrotik Certified Network Associate (Basic Essentials)  adalah sertifikasi basic yang wa

Cara Mengkonfigurasi WEB Server on Debian7 Server

oke guys..kali ini saya akan memaparkan gimana cara mengkonfigurasi web server di debian7,sebelum praktek kita siapkan client untuk mengecek berhasil dan tidaknya...ngak usah banyak omong langsung aja kita praktek..cekidot. sebelumnya APA ITU WEB SERVER?  -Server Web atau yg dalam bahasa inggrisnya disebut Web Server merupakan perangkat lunak (software) dalam server yg berfungsi untuk menerima permintaan berupa halaman web melalu protokol HTTP atau HTTPS dari client atau juga bisa disebut Browser.  -fungsinya untuk mentransfer atau memindahkan berkas yang diminta oleh pengguna melalui protokol komunikasi tertentu...pengertian ini saya ambil dari catatan saya sendiri. 1.masukkan perintah ( apt-get install apache2 php5 ) ,gunanya untuk menginstall mesin web server di debian7,, 2.selanjutnya kita pilih ( Y ) untuk menyutujui proses instalasi 3.selanjutnya kita masukkan perintah ( nano /var/www/test.php ) untuk memulai web servernya 4.nah akan muncul tampilan sepe